Jumat, 20 November 2015

Tips Cara Merawat Bunga Mawar Potong Agar Tidak Layu

Apakah termasuk pecinta bunga hias khususnya bunga mawar, kalau iya berarti anda mungkin sudah mengetahui cara merawat bunga mawar yang benar. Tapi apakah anda sudah tahu cara merawat bunga mawar potong supaya tidak cepat layu. Karena bunga yang satu ini akan sangat sulit berbunga jika di taruh di dalam ruangan, jadi solusinya anda dapat menanam bunga mawar dengan cara di potong. 

Bunga mawar memang memiliki bentuk yang sangat indah sehingga sangat banyak di gunakan sebagai penghias ruangan supaya terlihat lebih cantik, bunga mawar potong ini bisa di taruh di mana saja yang anda suka. Saya akan mencoba memberikan beberapa tips cara merawat bunga mawar potong agar tidak mudah layu dan selalu tampak segar, anda bisa melihatnya berikut ini.


Agar bunga mawar potog selalu tampak segar, ikuti beberapa tips berikut ini :

1. Segera Rendam Di air

Ketika anda sudah memetik atau membeli bunga mawar potong, usahakan untuk segera diletakkan di dalam air agar bunga tetap segar. Air mampu menekan terjadinya penguapan tanaman, sehingga bunga pun tidak mengalami layu.

2. Air Hangat Lebih Baik

Cuci vas bunga sampai bersih, selanjutnya isi dengan air hangat dengan suhu sekitar 45 derajat celcius. Pasti anda bertanya, mengapa pakai air hangat? Sebab air hangat lebih mudah diserap tanaman daripada air dingin.

3. Potong Batang Bunga

Jika anda membeli bunga mawar potong atau anda memotongnya sendiri, usahakan potong pangkal batang mawar tersebut kira-kira sekitar 2 cm. Tujuan dari pemotongan ini adalah agar mawar lebih cepat menyerap air dan mencegah terjadinya gelembung udara di pangkal batang.

4. Memangkas Daun di Pangkal

Satu lagi, sebelum anda menaruh bunga mawar ke dalam vas, sebaiknya daun-daun yang mungkin akan terbenam air dipangkas dulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pembusukan daun yang bisa meningkatkan jumlah bakteri di dalam air.

5. Memberi Nutrisi Tanaman

Jika bunga sudah tertata dengan rapi, selanjutnya anda dapat memberikan nutrisi pada bunga tersebut. Anda dapat membeli nutrisi untuk tanaman di toko-toko yang menjual keperlun pertanian. Adapun komposisi di dalamnya meliputi pupuk sebagai sumber makanan, acidifier sebagai pengontrol pH air, dan biosida sebagai pelindung tanaman dari bakteri berbahaya.

Sekian informasi dan beberapa tips tentang cara merawat bunga mawar potong yang benar supaya tidak mudah layu, semoga artikel dari saya tentang Tips Cara Merawat Bunga Mawar Potong Agar Tidak Layu bermanfaat untuk anda.

1 komentar: