Selasa, 17 November 2015

Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek

Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek - Bagi anda para penggemar tanaman Anggrek yang sudah mahir mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk mengetahui cara menanam dan merawat bunga anggrek yang benar, akan tetapi bagi anda yang bisa di sebut masih pemula atau belum terbiasa merawat bunga Anggrek pasti akan merasa sangat kesulitan menjaga agar bunga Anggrek tetap hidup dan berbunga.

Bunga Anggrek sendiri memiliki banyak keanekaragaman bentuk, ukuran dan warna, bunga anggrek akan sangat mudah tumbuh dan hidup di daerah tropis. Sedangkan pertumbuan dari bunga anggrek itu sendiri sangatalah lambat, sehingga untuk mempercepat pertumbuhannya anda perlu melakukan pemupukan. Cara untuk melakukan pemupukan bunga Anggrek yaitu dengan cara menggunakan sprayer atau penyemprotan, sedangkan untuk waktu pemupukan yang pas dan tepat adalah pada pagi hari dari jam 08.00 – 11.00 dan sore hari jam 15.00 – 17.00 dengan tujuan agar pupuk dapat diserap secara maksimal oleh anggrek.



Berikut langkah-langkah dalam melakukan perawatan bunga anggrek 


Pemupukan

Untuk melakukan pemupukan bunga Anggrek mesti disesuaikan dengan usianya yaitu : bunga Anggrek yang masih muda dapat dipupuk dengan pupuk yang mengandung unsur Nitrogen, agar mempercepat pertumbuhannya. Sedangkan untuk bunga anggrek yang sudah siap berbunga dibutuhkan pupuk yang mengandung unsur Phospor.

Penyiraman

Jangan asal menyiram bunga anggrek, karena jika waktu penyiramannya tidak pas maka bisa membuat bunga menjadi layu dan mati. Waktu penyiraman yang pas adalah pada pagi hari dari jam 07.00 – 09.00 dan sore hari jam 14.00 – 18.00. Penyiraman bisa dilakukan 1 – 2 kali sehari.

Penyesuaian Pot

Penggantian pot akan menjadi sangat penting ketika bunga Anggrek telah tumbuh besar, untuk itu anda harus menyesuaikan media pertumbuhan dari bunga tersebut. Salah sau wadah/tempat yang pas adalah pot, dan untuk ukuran pot itu sendiri dpt di sesuaikan dengan ukuran bunga Anggrek agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

Penaungan

Sudah tahu belum kalau bunga Anggrek merupakan jenis tanaman yang tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, akan tetapi bunga anggrek memerlukan sinar matahari yang cukup. Usahakan agar bunga anggrek dapat sinar matahari yang cukup, anda bisa memberikan penaungan dengan cara seperti lembaran plasik berwarna hijau, jala lembut atau menggunakan kasa.


Semoga tips dari saya kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Demikian Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek untuk anda. Selamat Berkebun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar