Selasa, 01 Desember 2015

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam Untuk Kesehatan - Banyak orang yang bilang bahwa bunga Sedap Malam itu mempunyai kemampuan untuk memperkuat imajinasi artistik seseorang karena kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan seseorang yang kerap berkaitan dengan kreatifitas.

Adapun bagian dari tanaman ini yang biasanya sering dipakai untuk pengobatan adalah pada bagian akar dan bunganya. Untuk lebih jelasnya, berikut penuturan Prof. HM Hembing Wijayakusuma yang dalam tulisannya membahas tentang pengobatan dari bunga sedap malam untuk mengobati berbagai jenis penyakit.


Berikut ini beberapa jenis khasiat dari bunga sedap malam.


Rematik
Bahan: 30 gr akar bunga sedap malam, 20 gr gua merah dan jahe merah secukupnya dan 450 cc air.
Cara membuat: Satukan semua bahan itu lalu rebuslah dalam 450 cc air hingga mendidih. Selanjutnya saring dan bagi menjadi dua bagian untuk diminum sebanyak dua kali sehari.

Radang Tenggorokan
Bahan: 25 gr akar bunga sedap malam, 30 gr sambiloto segar serta 650 cc air
Cara membuat: Masukkan semua bahan menjadi satu kedalam air putih, rebuslah sampai tersisa setengahnya saja. kemudian saring dan bagi menjadi dua masing-masing sebesar 150 cc. Minumlah dua kali sehari.

Influenza
Bahan: 25 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe, 4 gr batang daun bawang putih dan 650 cc air.
Cara membuat: Masukkan semua bahan menjadi satu dan rerbuslah dalam air mendidih sampai tersisa tinggal setengahhnya saja (300 cc). Selanjutnya air rebusan itu diminum sebanyak dua kali masing-masing sebesar 150 cc.

Meningkatkan Stamina
Bahan: 60 Kuntum bunga Sedap Malam, 100 gr udang, 55 gr kacang kapri, 15 gr jahe, 1 butir telur ayam dan 2 siung bawang putih.
Cara membuat: Masukkan semua bahan dalam katel, lalu tumislah dengan menggunakan minyak goreng non kolestrol. Jangan lupa tambahkan tepung maizena yang sudah diencerkan. Selanjutnya masklah hingga matang.

Penambah darah dan obat susah tidur
Bahan: Bahan yang diperlukan cukup banyak, diantaranya: 35 kuntum bunga Sedap Malam, 20 fr kie cie yang bisa didapat di toko obat cina, 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 15 gram jahe, 2-3 buah hati ayam, serta garam dan merica secukupnya.
Cara membuat: Irislah bawang merah dan putih. Selanjutnya satukan semua bahan kemudian tumislah dengan menggunakan minyak goreng non-kolestrol dan terakhir tambahkan teoung tapioca yang sudah diencerkan.

Katarak
Bahan: bunga Sedap Malam sekitar 55 kuntum.
Cara membuat: Pertama rebuslah bunga sedap Malam iyu dengan takaran air sekitar 2000 cc hingga mendidih. Kemudian tunggulah hingga dingin. Jika telah dingin, barulah bisa digunakan untuk mencuci mata.

Bisul dan Bengkak
Bahan: Akar bunga Sedap Malam.
Cara membuat: Ambilah akar bunga Sedap Malam secukupnya. Selanjutnya cuci hingga bersih. Kemudian tumbuklah hingga halus dan tempelkanlah pada bagian tubuh yang sedang sakit.


Demikianlah artikel tentang Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam Untuk Kesehatan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar